BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Kamis, 11 Agustus 2011

Fasilitas-Fasilitas dalam Internet

Internet mempunyai berbagai macam fasilitas yang dapat memudahkan seseorang untuk mendapatkan informasi. Kita harus bisa membedakan beberapa fungsi-fungsi fasilitas Internet tersebut.
Berikut adalah beberapa fasilitas Internet:

1. Word Wide Web (WWW)
    WWW atau yang lebih dikenal dengan web merupakan fasilitas yang berisi database terdeistribusi. Anda dapat mengakses berbagai informasin melalui web, baik yang berupa teks, gambar, suara, film, maupun animasi multimedia.

2. Blog
    Blog ,erupakan situs web yang dikelola oleh perseorangan, biasanya berisi catatan pribadi, liputan kegiatan, dan materi lainnya seperti gambar atau video pribadi. Blog sering disebut jugs catatan harian digital. Untuk membuat blog, Anda terlebih dahulu mendaftar ke situs web yang menyediakan layanan blog. Misalnya blogger, wordpress, dan blogspot.
   
3. Toko Online
    Sekarang seseorang bisa membeli barang secara online dengan adanya toko online ini. Sudah banyak situs web yang menyediakan fasilitas jual-beli barang secara online. Dengan fasilitas ini, Anda bisa membeli barang yang ada butuhkan tanpa perlu beranjak dari dari depan komputer. Pembayaran barang biasanya dilakukan melalui kartu kredit atau transfer ke rekening tertentu. Untuk pengiriman barangnya, dilakukan menggunakan jasa kantor pos atau titipan kilat.

Selain ketiga fasilitas diatas ada juga fasilitas yang mempermudah kita berkomunikasi jika sedang berjauhan. Electronik Mail atau yang biasa kita sebut Email. Email digunakan untuk berkomunikasi atau berhubungan langsung dengan orang lain melalui surat elektronik. Email yang paling populer saat ini adalah yang bebasiskan web, misalnya Yahoo!Mail dan Gmail. Keduanya menyediakan layanan email gratis.

Selain itu ada juga Kelompok Diskusi (Mailing List) dan Forum Diskusi.
Kelompok Diskusi (Mailing List) merupakan fasilitas untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan fasilitas e-mail. Mailing list yang paling populer adalah Yahoo!Groups.
Forum Diskusi adalah tempat kita bisa berdiskusi sepuutar komputer dan teknologi informasi.
Yang membedakan Kelompok Diskusi dan Forum Diskusi adalah sarana yang digunakan. Forum diskusi menggunakan sarana web sedangkan mailing list menggunakan sarana email.

0 komentar: